Jumat, 02 Januari 2009

Dina Salon dan Pizza Hut

Tanggal 15 November 2008 itu sebenernya hari pembagian rapot bayangan. Saya baru baru ingat terus ngomong sama nyokap pas h-1. Nyokap marah-marah gara-gara saya baru ngomong. Dianggepnya saya sengaja biar itu rapor gak diambil. Saya Cuma bisa diem.
Besoknya pulang les sekitar jam 9an pagi datebg-dateng saya langsung ngejogrok di sofa sambil ngeliatin mama saya yang udah dandan heboh buat ngambil rapot saya.

Gue : Kapan mau berangkat, nyak?
Nyokap: Emang mulainya jam berapa?
Gue : Kagak tau dah. Kayaknya si jam setengah sepuluhan
Nyokap : Yaudah berangkat jam setengah sepuluh lewat ajah

Jam setengah sepuluh…

Gue : Nyak, berangkat nyok
Nyokap : Ayo, naek apa nih kita? Mobil nganggur noh. Bawa aja gih
Gue : Yah… Aku lupa naro kunci mobilnya dimana, mak
Nyokap : Yaudah, naek ojek yok. Kamu ada receh gak?

Alhasil saya sama enyak saya ke sekolah naek ojeg. Saya berangkat duluan. Enyak saya nyusul di belakang. Di tengah jalan Hp saya geter-geter genit gtyu dyeh. Pas diliat, ternyata sms dari Ipaw.
"lo pada belom dateng ya?"
Saya bales..

"Belom. Ini masi di jalan. Palingan bentar lagi nyampe. Lo udah di sekolah emang, neng?"

Ipaw gak bales…
Gak lama saya nyampe sekolah duluan daripada enyak saya. Padahal tukang ojeg saya gak lewat jalan tikus malah lewat jalan biang macet.

Abang Ojek : Neng, gak nunggu mamah nya dulu?
Gue : Kagak usah, bang. Saya masuk duluan ajah deh. Paling mamah udah di dalem

Saya masuk gerbang pertama. Sekolah saya gegayaan amat si. Gerbang aja di dobel-dobel. Lama-lama duit bangunan juga dobel.
Hp saya geter-geter genit lagi. Ipaw sms lagi.

"udah…agak sepi masa…bosen nih gue. Gue males latian drama soalnya, kalo gue kelamaan di sini disuruh latian drama"

Saya gak bales. Males. Palingan ntar juga ketemu. Maaf, Paw. Biar Tuhan yang balas.
Saya masuk. Tau-tau itu curut satu udah mejeng di lapangan yang jadi tempat parkir mobil-mobil wali murid.

Ipaw : Mila! Sini lo!

Saya nyamperin itu anak. Kasian. Terlantar banget.

Gue : Apaan?
Ipaw : Ntar jadi kan? Cilla mana?
Gue : Gatau nih. Mari gak bisa, lagi sakit mata katanya. Udah gitu mau ujan gini. Belom ngeliat cilla gue. Dateng aja baru
Ipaw : Lah lo kesini ama sapa? Enyak lo mana?
Gue : Au nih. Enyak gua ilang. Gua cari dulu yak. Dadah Ipaw

Gue ngeloyor pergi. Di belakang Ipaw masi tereak-tereak.

Ipaw : Kalo nyari gue, gue di bawah ya. Kalo nggak sms aja

Saya naek ke lantai tiga sambil nelpon enyak saya. Takut kalo tiba-tiba dia lupa apa tujuan dia pergi hari ini lalu malah hang out sama tukang ojeg.

Gue : Mah, dimana?
Nyokap : Udah di gerbang depan sama mama nya Marissa
Gue : Oh, yaudah langsung ke lantai tiga aja ya

Di depan kelas udah ada Abon yang lagi termenung. Mungkin lagi mikirin BBM yang gak turun-turun.

Abon : Dong, enyak lo mana?
Gue : Au, tadi kepisah gua. Cermet lo dateng gak, Bon?
Abon : Dateng, tapi lagi kejebak macet di Lampiri katanya

Saya duduk anteng ditemani Abon. Tiba-tiba Ajeng dateng terus ngajak ke kantin. Jajan. Di kantin udah ada Yusa, Suryo, Gerry, dan lain-lain (gak kesebut jangan marah)

Abon beli es krim di copy center. Ajeng beli Aqua botol di Ajum. Saya nggak beli apa-apa. Terus kita balik lagi ke atas. Udah ada Eti nongkrong di balkon. Eti nyamperin kita-kita. Seyum-senyum sumringah kayak dapet lotre 1 juta terus ilang gitu aja diembat ‘mabes’.
Nyokap saya keluar kelas sambil nenteng kertas yang isinya nilai-nilai saya selama beberapa bulan ini. Pas saya liat yaaaa standar lah nilai saya (haha gaya padahal kebakaran). Nggak lama abis nyokap saya pulang, Ratu dateng sama mama nya. Abis itu Cilla dateng sama bokapnya. Tampangnya Batak abis, hhe.

Setelah mereka selesai ngambil rapor, Ipaw nyampe lantai tiga sama nyokapnya. Nyokapnya ngoceh tentang nilai Agama Islam Ipaw yang dapet 90 tapi tulisan di kolom minat : KURANG.

Gue : Emang guru Agama lo siapa Paw?
Ipaw : Pak Tasroni

Saya sama Cilla ketawa ditahan. Lalu kentut.

Ratu : Pak Tasroni kan wali kelas saya tante

Membuat saya dan Cilla tambah sakit perut nahan ketawa.
‘oya? Ganteng nggak?’ tanya nyokapnya Ipaw. Mupeng, hhe (maap tante). Saya sama Cilla bener-bener pengen buang air besar denger pertanyaan itu.
‘guanteng buanget tante’ ceplos saya.
Lalu Ipaw beserta nyokapnya ke kelasnya Ratu. Nggak lama mereka balik lagi sambil senyum-senyum kayak abis di kasih sebuket bunga mawar sama Marcell Darwin.
‘gimana tante? Nilainya Ipaw nyata apa imajiner?’ tanya saya
‘pas tante ngomong sama pak Tasroni terus Pak Tasroni ngeliat muka Ipaw, dia bilang: oh ini salah nulis ibu. Seharusnya minatnya baik. Gitu masa’
Setelah lama ngegosip sama nyokapnya Ipaw, kita memutuskan untuk segera menuju Pizza Hut. Pengenya si ke Pizza Hut Kemang (entah ada apa nggak. Ini usul dari Cilla yang obsesi banget pengen ngebolang ke Kemang bareng-bareng dengan modal 10.000) tapi berhubung yang pengen kita tebengin (mamanya Ipaw) ternyata nggak bawa mobil, jadilah kita ke Pizza Hut terdekat, Pizza Hut Pondok Kelapa.
Di angkutan, kita banting setir ke Dina Salon dulu. Perasaan saya mulai nggak enak. Sumpah ya, tempat yang paling nggak banget buat dikunjungin buat saya ya SALON!
‘eh, kok ke salon dulu si? Mau ngapain?’
‘gue mau hair spa. BĂȘte banget gue sama rambut gue’ cetus Ipaw
‘gue juga!’ kata Ratu mengamini
‘gue krimbat aja ah’ tambah Cilla
Masuk salon, perasaan saya makin nggak enak. BĂȘte banget nyium aroma-aroma salon. Mending gue makan baso dah di luar.
Nggak lama Ipaw sama Ratu jalan duluan buat bersihin rambut. Entahlah apa namanya itu. Cilla masih di sebelah saya nemenin ngobrol. Sembari nunggu itu cecurut dua memanjakan rambut mereka, saya sama Cilla ngegosip tentang anak-anak geng di sekolah yang kebanyakan berasal dari kelas kita. Maklumlah, saya sama Cilla sama-sama anak IPS. Sekelas, semeja pula!
Ipaw sama Ratu udah mulai dijenggut-jenggut kepalanya. Sedangkan Cilla masih aja di sebelah saya. Bergosip. Topiknya pun masih hal yang sama. Nggak lama Cilla dapet gilirannya. Tinggallah saya sendirian. Ipaw mulai nengok-nengok ngajak saya ngobrol. Mbak-mbak yang daritadi ngurusin rambutnya sekarang lagi ngurusin rambutnya Cilla.
‘lo nggak ikutan, mil? Catok gih. Rambut lo udah kriting lagi tuh’ kata Ipaw
‘nggak ah. Lagi nggak mood gue’ jawab gue sekenanya
‘bailah… timbang duduk doang’ timpa Ratu
Nggak lama Cilla dateng. Dan mereka bertiga pun makin asyik memanjakan rambut mereka. Saya makin cengo.
Akhirnya Ratu selesai dengan rambutnya. Rambutnya yang udah dari awal keriting-keriting gitu di blow. Hasilnya jadi kayak per mobil gitu.
‘Dong, gue laper nih. Kita duluan yok ke Pizza Hut’ cetus Ratu
‘Eh! Enak aja lo!’ teriak Ipaw dan Cilla
‘yaudah deh nggak jadi. Kita beli es buah aja yok, Dong’
‘gue nitip dong’ pinta Cilla
Dan saya pun keluar dari tempat itu bersama Ratu lalu menuju tukang es buah yang mangkal tepat di depan salon itu.
‘bang, sup buah 2 ya’ pesan Ratu
‘Dong, duitnya kurang 2 ribu nih. Lo tambahin ya!’ ucap Ratu sambl menyodorkan 10 ribuan pada saya.
‘sial lo. Gue kira lo yang mau nraktir es buahnya. Mana cuman 2 lagi. Stengah-setengah dong?’
‘iya, kita minum es buah bareng-bareng, haha’
Nggak lama es buahnya jadi. Saya lalu menyodorkan selembar 50ribuan ke abangnya. Karena nggak ada kembalian, si abang lalu ngeloyor pergi nuker duit. Sambil nunggu itu abang es buah, dikit-dikit saya minum itu es buahnya. Nggak sadar udah hampir setengahnya abis, itu abang es buah nggak dateng-dateng. Nggak lama akhirnya itu abang dateng juga sambil ngos-ngos an.
‘ini neng kembalinya. Makasih ya neng’
‘sama-sama dah bang’
Lalu kita balik ke salon. Ipaw udah selesai di blow. Tapi nggak keliatan bedanya sama rambutnya sebelum ke salon. Tinggal nunggu Cilla yang masih dijenggut-jenggut kepalanya sama mas-mas banci salon. Setelah 2 gelas es buah habis, Cilla baru selesai nyalon. Dan saya tersadarkan bahwasanya chairmate saya saudara jauh dari artis luar negeri yang cukup terkenal. Rihanna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar